Friday 20 May 2011

cara mengetahui pengunjung yang sedang online di blog kita

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Online

Selain banyak menulis di blog, jumlah pembaca yang mengunjungi blog kita juga tak kalah penting untuk kita ketahui. Kenapa? Karena pengetahuan blogger pada jumlah pengunjung yang mampir ke blog kita merupakan suatu keharusan dalam rangka untuk dapat meningkatkan rank blog kita. logikanya semakin banyak pengunjungnya, mengindikasikan bahwa blog kita semakin diminati, ujung-ujungnya keberhasilan kita dalam melakukan SEO.
Ada banyak cara untuk dapat mengetahui berapa banyak pengunjung yang mampir ke blog kita. Saya akan coba informasikan beberapa situs yang khusus menyediakan widget yang menampilkan pengunjung yang onlie di situs/blog kita.

radarurl.com
Saat ini saya menggunakan widget  ini untuk mengetahui jumlah pengunjung di situs saya. fitur-fiturnya dapat dicek saat kita klik tampilan widget yang muncul di halaman situs kita. Selengkapnya:
  • jumlah user online real time
  • artikel yang sedang dibaca dan jumlah pembacanya
  • asal pengunjung dengan disertai map /peta dunia
  • statistik dalam 24 jam, bulanan, tahunan dan 5 tahunan
  • Negara terbanyak user online-nya
Untuk menggunakannya tinggal masuk ke situs radarurl, pilih dimana posisi radar-nya di page kita, lalu tempelkan scriptnya pada scrypt (kalau di blogger, sebelum tag </body>).


radarurl memiliki kelebihan dengan tampilan peta dari google map, sehingga bisa kita zoom ( perbesar) peta yang ditampilkan untuk mengetahui lokasi pengguna lebih detail.

whosread.com
Whosread juga memberikan layanan pengunjung online, yang lebih mudah dan lebih ringan, karena tidak membuka file javascript. fiturnya juga relatif lebih sederhana dan statistik tidak otomatis ter-update setiap saat (kita harus me-refresh halaman agar statistik memberikan informasi terbaru /update ). Untuk mendapatkan kode HTML-nya dilahkan buka situsnya dan klik link “Get your free counter!”



whos.amung.us
Ini mungkin merupakan widget jumlah pengunjung online  yang paling banyak digunakan blogger di berbagai dunia. Tampilannya agak mirip dengan radarurl, dengan berbagai fitur :
  • Artikel paling banyak dibaca secara real time ( update setiap saat)
  • Jumlah minimum, rata-rata dan maksimum user online
  • Informasi asal pengunjung dalam map/peta
  • Statistik dalam 24 jam terakhir, bulanan, tahunan dan 5 tahunan
Caranya adalah dengan masuk ke situsnya, kemudian pilih dimana posisi widgetnya pada page kita, kemudian copy-paste html script-nya pada page kita (pada blogger bisa ditempelkan sebelum </bosy> tag atau file sidebar.php ( jika wordpress)).



Terima kasih banyak kepada http://ebsoft.web.id/, atas infonya.

3 comments:

  1. nice inpo gan

    ReplyDelete
  2. oke gan makasi atas kunjungannya,

    ReplyDelete
  3. om tulisannya diganti dunk,....
    nge`bacanya gmn getho..?

    kunjungan balik ya : http://resthata.blogspot.com

    ReplyDelete

silahkan berkomentar :)

Apa yang anda cari ??

Loading

My Best Friend